Freeletics untuk Pemula

 

Gue yakin lo semua udah baca blog gue yang judulnya Mari Olahraga: Freeletics. Tertarik? Mari kita lanjutin pembahasannya.

Selanjutnya: bikin profile di Freeletics. Caranya tinggal install aplikasi ini di HP. Kalo gak mau sih gak papa sebenarnya, tinggal buka www.freeletics.com tapi percayalah versi aplikasinya jauh lebih menyenangkan buat latian dibandingkan webnya. Di web, kalo lagi santai, banyak sih materi yang bisa dipelajari di web itu. Mulai dari pengetahuan dasar mengenai kebugaran sampe motivasi. Tapi karena gue mau focus ngomongin latiannya, kita bahas appnya dulu ya.

Setelah install aplikasi ini, bikin profile, dan jawab beberapa pertanyaan singkat mengenai diri lo. Gampang banget lah ini.

Profile

Nanti, “coach” dari aplikasi ini akan ngasih 1 latian singkat. Biasanya yang dikasih itu 2/5 Morpheus atau 2/5 Prometheus. 2/5 ini maksudnya adalah, sebenarnya latian Morpheus dan latian Prometheus ini terdiri dari 5 set latian. Tapi karena lo pemula, si “coach” CUMA ngasih teaser latian. Jadi Cuma 2 set dari 5 set. Coba aja jalanin latian ini.

SARAN GUE: Install aplikasi ini beberapa saat sebelum lo mulai latian, baca tutorial di app ini, gimana pindah ke gerakan selanjutnya, download video tutorial tiap gerakan dan pelajari. INI PENTING. Kemudian cobain 1-2 kali gerakan itu. Setelah lo siap, baru mulai lakukan latian pertama 😀

Ingat ya: pemanasan dulu sebelum mulai latian.

GOOD LUCK!

.

.

.

.

.

.

Gimana? Udah selesai? Gimana rasanya? Enteng? Biasa aja? Mau mati? :)))))

Apapun perasaan lo, selamat! Lo udah menjalankan sesi pertama freeletics 😀

Nah selanjutnya gimana? Kalo  masih kuat banget, boleh lanjutin latian di bawah ini. Kalo capeeeeeek banget dan mau udahan, gak papa. Istirahat dulu aja. Besok latian lagi.

Buat pemula, biasanya gue menyarankan: workout Metis dan Nyx.

Ekan.jpg

Latiannya masih wajar dilakukan. 3 gerakan, 3 set dengan repetisi 10 – 25 – 10. Coba lakukan deh. Coba lakukan sekuatnya. Pelan gak papa. Yang penting selesai. Mau ngomel dan maki-maki juga gak papa hahahaha.

Kalo ternyata 25 burpees itu bikin mual dan pengen muntah. Ya udah stop dulu. Mungkin masih terasa terlalu berat. Tapi jangan nyerah! Ada triknya nih.

Latian di Freeletics dibagi jadi 3 level. Endurance, Standard dan Strength. Pindah-pindah dari 3 level ini juga gampang tinggal diklik aja tulisannya.

Metis.png

 

3 Level ini gerakannya mirip. Endurance itu paling ringan. Strength paling berat. Jadi cobalah latian yang Endurance dulu di sesi berikutnya. Tapi kalo udah kuat yang standard (walau berat, napas abis dan ngomel2) LANJUTKAN!

Dalam 6 sesi latihan ke selanjutnya, coba lakukan 3 kali Metis dan 3 kali Nyx. Dan coba lebih cepat dari sesi sebelumnya. Dengan menjadi lebih cepat, lo tau itu adalah progress yang terjadi.

Cara main di Freeletics adalah menyelesaikan latian secepat-cepatnya (DENGAN GERAKAN YANG BENAR YA).  Kalo gak ada istirahat yang disuruh di appnya, KALAU BISA ya jangan berhenti. Walau gue yakin kita akan ngatur sendiri kapan berenti kalo capek :)) Begitu udah kuat bergerak, lanjutin lagi ya!

 

Gimana kalo Endurance juga ternyata gak kuat?

Ada menu Exercise di bawah workout. Ini latian ketengan.

Category.png

Gue coba susunin menu latiannya ya.

Jadwal pemula.PNG

Lakukan ini selama 2 minggu. Kalo udah terasa terbiasa dengan latian-latian ini, baru deh mulai masuk  lagi ke Metis atau Nyx.

Oh btw, kalau liat list latian dan lo liat Aphrodite di paling atas, JANGAN COBA DULU! Latian ini berat banget! Susunan workout ini alphabetical, bukan dari paling gampang ke paling susah (walau iya, emang Zeus itu paling bawah dan kebetulan susah)

Kayaknya gue tau kenapa Aphrodite ini jadi latian yang susah. Dia dewi kecantikan yang sangat pencemburu. Dia gak mau ada orang lain yang lebih cantik dari dia. Jadilah latian ini susah. Dan percayalah, lo akan keliatan jueeeeleeeek banget abis latian ini. Hahahahahahahaha.

Segitu dulu ya. Nanti pasti gue lanjutin lagi tentang latian-latian selanjutnya dan gimana cara warming up dan cooling down yang tepat.

SELAMAT LATIAN!

#Clapclap

 

=/\= @fxmario out =/\=

Advertisements

20 thoughts on “Freeletics untuk Pemula

  1. mau nanya bedanya “get lean” dg “get fit” apa? terus pas opsi “I am not so fit”, “I am quite fit” n “I am definitely fit” buat tahu kita termasuk yg mana gimana? aku sendiri lagi bentar aja udah ngos ngosan. saat ini masih dapet 2/5 morpheus, baru round 1 aja udah teler. oya ini sebelum melakukan gerakan apakah harus pemanasan terlebih dahulu?

    • “Get lean” lebih ke fat loss dan “get fit” buat ningkatin endurance (stamina). Tapi kayaknya tujuan ini baru akan kepake kalo bayar coach nya biar bisa dibikinin menu latian sesuai kondisi dan tujuan.

      Kalo baru round 1 udah tepar kayaknya masuk not so fit. Tenang aja, jalanin aja. Gak akan gampang.. Tapi will be worth it. Cobain versi “endurance” aja dulu.

      Pemanasan? Tentu saja.. Nanti gue post soal ini ya!

  2. Om, yg punya masalah dengan lutut kiri (bekas kecelakaan) gimana latiannya?
    Mau ikutan nyoba, tapi kayaknya banyak aktifitas yg berhubungan dengan lutut. Takutnya kambuh lagi kalo maksain lutut kiri dengan aktifitas berat. Lutut kirinya gk bisa nekuk dengan sempurna, nekuk 90 derajat udah sakit banget.

    • Hmmm kalo ada cedera, gue belom berani kasih rekomendasi latian. Cek dulu ke dokter dan fisioterapis deh. Kalo udah dapet clearance dari mereka baru latian 🙂

  3. om mar, tanya dong;
    1. kalo perut mual dan kepala puyeng tiap abis workout itu wajar ngga?
    2. jeda antara makan – workout – makan yg ideal berapa jam ya?
    3. kadang kalo udah terlalu capek, gerakan jadi ngasal. seberapa penting si akurasi gerakan tiap jenis latihan?
    4. kalo DOMS dihajar latihan ketengan boleh nggak?

    ok, segitu dulu, maaf kalo merepotkan. thanks in advance.

    • Gue coba jawab 1 persatu ya.
      1. Kemungkinan besar, badan lo gak kuat sama intensitas latihan yang dilakukan. Wajar kok. Gue pernah muntah dulu pas awal-awal latian. Terus latihan aja, dengan intensitas lebih ringan.. Nanti pasti badan terbiasa.

      2. Kalo gue biasanya 2 jam jedanya. Makanan sudah dicerna oleh tubuh buat sumber tenaga latihan sementara belum laper, jadi mood gak berantakan 😀

      3. Wajar kok gerakan ngasal kalo udah capek. Tapi akurasi gerakan itu penting banget, karena gerakan sesuai range of motionnya akan memberikan hasil maksimal.

      4. Boleh dong. Gak masalah kok.

      • thank you.
        ditunggu post berikutnya om mario(or should i call you captain instead?). semoga downliner freeletics-nya tambah banyak dan terus menginspirasi buat hidup lebih sehat.

        live long and prosper.

  4. Om buat program weight loss paling efektif pake workout apa dan rutinitas nya bagaimana?

    Share program diet yang cocok buat pria dong, hehe

    Thanks :))

  5. Hi bang, workout freeletics paling efektif untuk weight loss apa ya?
    Share tips diet sehat pendamping freeletics juga dong.

    Thanks :))

  6. stelah riwa riwi liat twit koko akhirny coba semata2 krn memang perlu mbenerin tekanan darah yang mblusup mlulu. dokter udah ijinin dan hrs lgs stop kl vertigo kambuh. latian pertama nyoba dan berakhir… 20 menit… krn kl pusing memang hrs berhenti.. sedih… malu bgt trus menghibur diri dgn spedaan kliling komplek *lah koq curcol*

    • Loh gak usah malu. Awalnya pasti berat kok, makanya perlu pinter2 milih latian yang cocok buat di awal. Cobain “ketengan” yang gue bikinin deh. Harusnya bisa lah kelar di bawah 15 menit 😀

  7. Mas. Aku pemula nih.. masih belum ngerti hehe. Latian yg cocok buat weightloss yg mana ya ?? Aku bru awal nyobain NYX rasanya kayak mau pingsan 😥😅

    • Semua latian Freeletics cocok untuk weight loss kok. Yang penting makan juga harus diatur. Nyx dan Metis itu latian yang cocok untuk pemula. Kalo masih gak kuat juga, coba latian sesuai tabel yang aku bikin di atas.

  8. Halo mas atau pak.. hehee
    gue pemula yang bener2 baru banget mau mulai freeletics nih, mau tanya2 dulu boleh?

    “Dalam 6 sesi latihan ke selanjutnya, coba lakukan 3 kali Metis dan 3 kali Nyx. Dan coba lebih cepat dari sesi sebelumnya. Dengan menjadi lebih cepat, lo tau itu adalah progress yang terjadi.”

    Itu dalam satu kali olahraga? Jadi satu sesi langsung 3 set NYX dan 3 set metis? Atau gimana mas/pak?
    Mohon maaf dan terimakasih mas/pak.
    Sukses selalu.

  9. Hai masss.. Ak mau tanya bagusnya olahraga ini di lakuin berapa kali yah dalam seminggu,klo di lakuin tiap hari overtraining gak tuh nanti??

  10. mas mario ada fb ato grup WA ato bbm gt gak buat mandu dan sharing gt…hp sya jadul ^_^ g mumpuni instal aplikasi freelatics

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s