Sakit? Berhenti dulu!

Ini hari ke-3 gue ngerasain badan gue gak enak. Pegel-pegel dan kerongkongan gue gatel dan gak enak pas nelen makanan. Mungkin karena perubahan cuaca, mulai banyak ujan dekat-dekat Imlek yang jadi penyebabnya. Kondisi kaya gini gak enak banget buat latihan. Biasanya gue menjadikan hari-hari pas gue lagi sakit sebagai hari istirahat. Gak latihan sama sekali. Freeletics adalah latian yang sangat tinggi intensitasnya. 10 menit latihan aja keringetnya bisa sampe 30 menit baru ilang. Karena intensitas tinggi ini, makanya waktu sakit gak disarankan buat latihan. Logika gue begini, saat latihan, badan akan sedikit dirusak oleh latihan yang kita jalankan. Dengan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup, badan akan melakukan pemulihan sehingga kita bisa menjadi lebih kuat. Nah saat sakit begini, tubuh akan lebih berusaha melawan penyakit di badan biar sembuh. Kalau kita tambah beban lagi dengan olahraga, proses penyembuhannya akan berlangsung lebih lama. Bukannya tambah kuat, badan kita malah akan lebih lemas. Kita gak akan dapat tujuan kebugaran yang kita mau kalau kita latian lagi sakit gini. Gak usah maksain diri.

Padahal gue juga gatel sih liat latian yang harus gue selesaikan minggu ini. Masih ada 2 latian lagi yang harus gue selesaikan. Uranos dan Artemis. Latian yang banyak burpees dan pull ups nya 😦 . Tapi ya gitu, gue harus bisa mengesampingkan ego sejenak biar bisa sembuh dulu dari sakit ini.

Coach

Biasanya kalo sakit gini, gue memanfaatkannya buat “libur” dari diet gue. Cheating dan makan-makanan yang gue suka yang biasanya gue hindari saat diet. Namanya juga lagi sakit ya, sekali-sekali menghibur diri pake makanan yang menyenangkan lah.  Beberapa hari makan yang gak sesuai kaidah diet gak akan berbahaya kok. Tapi nanti setelah sembuh ya balik diet lagi.

Mungkin akan ada yang menyarankan lo buat olahraga aja pas sakit, dengan berkeringat katanya badan akan terasa lebih enak. Gue sih gak menyarankan buat hal itu ya. Sekali lagi, kalo lagi sakit, apapun keluhannya, sembuh dulu aja. Ke dokter kalo perlu. Setelah sehat masih banyak waktu kok buat mengejar ketinggalan saat kita lagi sakit.

Mungkin ada juga yang nyinyir, udah latian kok masih bisa sakit? Ya masih bisa lah. Lo kira dengan olahraga lo jadi kebal penyakit? Ya enggak. Tapi kalo badan lo sehat, pemulihan saat sakit itu biasanya berlangsung lebih cepat dibanding orang yang gak pernah olahraga.

Gue udah merasakan ini beberapa kali, karena istirahatnya lumayan lama, pas balik latihan saat udah sehat, badan biasanya lebih bertenaga buat menjalankan latian. Gue yakin, peningkatan fisik yang kita rasakan saat nunggu sembuh dulu baru latihan akan lebih besar daripada kita maksain latihan pas sakit. Gue yakin semua orang mau sehat dengan berolahraga. Jadi tunggu bentar deh ya!

Lagian, gak enak kan latian kalo lagi sakit?

 

=/\= @fxmario out =/\=

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s